Ikut Pemilihan DPD, Ini Konsekuensi Tak Serahkan Surat ...

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ikut Pemilihan DPD, Ini Konsekuensi Tak Serahkan Surat ...

Berita 24 Indonesia
Rabu, 29 Agustus 2018
Ikut Pemilihan DPD, Ini Konsekuensi Tak Serahkan Surat ...

Ikut Pemilihan DPD, Ini Konsekuensi Tak Serahkan Surat Pengunduran Diri dan SK Pimpinan Parpol

Masih ada bakal calon yang belum menyerahkan surat pengunduran dirinya dari kepengurusan parpol.

Ikut Pemilihan DPD, Ini Konsekuensi Tak Serahkan Surat Pengunduran Diri dan SK Pimpinan ParpolTribun Kaltim/Muhammad ArfanSuryanata Al Islami

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS,COM, TANJUNG SELOR - Surat pernyataan mundur dari kepengurusan partai politik bagi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Kalimantan Utara dari kalangan partai politik wajib disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Kalima ntan Utara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara Suryanata Al Islami mengatakan, masih ada bakal calon yang belum menyerahkan surat pengunduran dirinya dari kepengurusan parpol.

Batas waktu penyerahan surat pengunduran diri itu diserahkan paling lambat satu hari sebelum penetapan daftar calon sementara (DCS) di KPU RI. Penyusunan dan penetapan DCS dilakukan pada tanggal 31 Agustus - 2 September 2018.

"Dari pengamatan kami, ada juga yang sudah dari awal mendaftar sudah menyampaikan itu," katanya saat disua Tribunkaltim.co, Selasa (28/8/2018).

Jika tidak menyerahkan surat pengunduran diri, maka nama bakal calon tidak akan dicantumkan dalam DCT.

Baca: Mulai Hari Ini Warga Sudah Bisa Ambil SIM di Polres Kabupaten/Kota Wilayah Kalimantan Utara

"Artinya dia tidak memenuhi syarat untuk lanjut ke tahapan selanjutnya," katanya.

Terhadap Surat Keputusan Pimpinan Parpol terhadap pengunduran diri bakal calon DPD, juga wajib diserahkan satu hari sebelum penyusunan dan penetapan daftar calon tetap (DCT).

"Kalau tidak menyerahkan SK pimpinan partai politik, namanya tidak akan dicantumkan dalam DCT. Otomatis yang bersangkutan tidak akan menjadi bagian peserta pemilu 2019," sebutnya.

Tahapan penetapan DCT dilaksanakan KPU RI pada tanggal 20 September 2018. (Wil)

Editor: Eko Sutriyanto Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Beredar Video Jokowi Nonton Pertandingan Asian Games di Pos Polisi, Duduk Sendirian Sumber: Berita Kalimantan Utara