www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Resep yang paling banyak dicari di Google saat Ramadan

Posted by On 03.20

Resep yang paling banyak dicari di Google saat Ramadan

Seblak, makanan khas Sunda yang menjadi makanan paling banyak dicari resepnya di Google Indonesia
Seblak, makanan khas Sunda yang menjadi makanan paling banyak dicari resepnya di Google Indonesia | ARIALstudios /Shutterstock

Ramadan adalah bulan yang selalu ditunggu oleh para umat Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, setiap tahunnya. Selain meningkatkan ibadah, sebagian besar kaum muslim juga memanfaatkannya untuk memburu kuliner yang hanya hadir di bulan Ramadan.

Warganet Indonesia pun banyak mencari resep makanan khas Ramadan lewat mesin pencari, Google, dan layanan pengaliran video, YouTube.

Berdasarkan data internal YouTube, warganet Indonesia kerap menghabiskan waktu selama bukan puasa dengan menonton pengaliran video. Hal ini terungkap lewat laporan durasi menonton yang lebih panjang di bulan Ramadan.

Penelusuran konten seperti lagu rohani, ceramah, tutorial hijab, dan dandan untuk berbuka puasa, meningkat 1,5 kali lipat dari biasanya.

"Secara keseluruhan, watch time YouTube naik 50 persen saat Ramadan dibandingkan bulan-bulan biasanya," kata Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, dikutip dari Kompas.com (3/5).

Berdasarkan penelusuran Google Trends selama bulan Ramadan tahun 2017, resep dan menu makanan juga mengalami kenaikan sebesar 3,2 kali di Google Search dan 2,2 kali di YouTube. Hal ini menunjukkan antusias warganet Indonesia untuk mencari resep masakan selama bulan Ramadan.

Grafik yang menunjukkan peningkatan pencarian    resep makanan saat bulan Ramadan di Google Search dan YouTube
Grafik yang menunjukkan peningkatan pencarian resep makanan saat bulan Ramadan di Google Search dan YouTube | Google Indonesia

Di Google Search maupun YouTube, kata kunci seperti menu buka puasa, menu sahur, dan menu lebaran menjadi hal-hal yang paling sering dicari warganet Indonesia selama bulan Ramadan tahun lalu.

Data internal Google juga menunjukkan bahwa pencarian tentang resep mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Selain itu, terungkap juga bahwa video-video makanan banyak ditonton pada siang hari, saat umat muslim tengah berpuasa.

Menurut Google, hal ini bisa jadi efek dari kerinduan terhadap makanan atau sekadar mencari ide menu berbuka puasa yang lezat.

Laporan juga mengungkapkan bahwa pengguna YouTube mulai meningkat tajam pada pukul 11.00 pagi dan perlahan-lahan menurun menjelang sore.

"Nanti naik lagi pas ngabuburit, tetapi nggak seramai jam makan siang," imbuhnya.

Berdasarkan rilis pers Google yang diterima Beritagar.id, Rabu (30/5), berikut adalah 10 resep masakan yang paling banyak dicari di YouTube.

  1. Resep Seblak
  2. Resep daging sapi
  3. Resep masakan Indonesia
  4. Resep cilok
  5. Resep pisang nugget
  6. Resep ayam geprek
  7. Resep cemilan
  8. Resep ayam kecap
  9. Resep kue cubit
  10. Resep cireng

Laporan penelusuran Google Trends juga menunjukkan bahwa kata-kata kunci tersebut dia atas banyak di cari di hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama Kalimantan Utara, Maluku, dan Papua.

Selain pengguna Google Search dan YouTube yang banyak mencari resep-resep makanan selama bulan Ramadan, di sisi lain, saat ini sudah banyak juga YouTube Creator atau penyedia konten lokal yang menghadirkan video-video resep masakan, contohnya adalah Yuda Bustara dan Kokiku TV.

Google pun turut berbagi resep makanan khas Sunda yang paling dicari oleh warganet Indonesia, yakni Seblak. Berikut bahan dan cara yang harus dilakukan jika Anda tertarik untuk membuatnya:

Bahan:

  • Kerupuk kanji mentah 50gram
  • Telur ayam 1 butir. Dikocok
  • Daun bawang 1 batang. Iris halus
  • Garam 1 sdt
  • Penyedap rasa 1 sdt
  • Kecap manis sesuai selera
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Kencur 2 ruas

Cara:

Rendam kerupuk kanji mentah pada air panas hingga mengembang. Lalu, tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar tidak lengket dan saling menempel.

Ulek Cabe, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga halus. Tumis bumbu hingga aromanya tercium wangi.

Tambahkan irisan daun bawang dan seledri. Aduk rata. Masukkan kerupuk. Aduk rata.

Tambahkan telur yang telah dikocok tadi, aduk agar me njadi telur orak-arik. Beri sedikit air (2 sdm) lalu tambahkan garam dan penyedap rasa.

Aduk hingga air berkurang atau hampir menguap baru kemudian tambahkan kecap manis. Aduk hingga air habis.

Tuangkan seblak yang telah jadi pada piring saji.

Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng di atasnya.

Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »