Kirim Berita Kaltara: Klik Disini | Konfirmasi Berita Kaltara: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Lama Bersekolah Orang Kaltara Lebih Baik Dibanding Papua ...

Posted by On 03.06

Lama Bersekolah Orang Kaltara Lebih Baik Dibanding Papua ...

Lama Bersekolah Orang Kaltara Lebih Baik Dibanding Papua, Irianto: Tantangan Kita Adalah Narkoba

Di samping itu, faktornya tidak terlepas dari dorongan program pemerintah dan pemerintah daerah di bidang pendidikan.

Lama Bersekolah Orang Kaltara Lebih Baik Dibanding Papua, Irianto: Tantangan Kita Adalah NarkobaTRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFANGubernur Kaltara Irianto Lambrie memberi sambutan pada Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Rabu (2/5/2018).

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Masyarakat Kalimantan Utara rerata telah menghabiskan waktu 11,8 tahun bersekolah.

Catatan itu, kata Gubernur Irianto L ambrie, sudah jauh lebih baik jika dibanding rerata tahun bersekolah masyarakat di Papua.

"Di Papua rata-rata lama bersekolahnya cuma tiga tahun. Artinya mereka tidak sampai lulus SD. Kita sudah 11,8 tahun, artinya rata-rata SMP ke SMA," kata Irianto usai peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Rabu (2/5/2018).

Kesadaran masyarakat Kalimantan Utara terhadap pendidikan menurutnya sudah sangat baik.

Di samping itu, faktornya tidak terlepas dari dorongan program pemerintah dan pemerintah daerah di bidang pendidikan.

"Terutama kita dari pemprov, itu ada insentif guru, dana BOS yang lancar. Kita juga beri dukungan pendidikan yang baik di tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Kita beri bantuan bagi Universitas Borneo dan perguruan tinggi swasta," sebutnya.

Persoalan pendidikan di Kalimantan Utara memang belum cukup kompleks. Apalagi jumlah penduduknya belum mencapai sejuta jiwa.

Irianto menga takan, bersama jajaran pemprov selalu konsen terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

"Hasilnya bisa kita lihat. Meskipun pada sisi lain seperti akses infrastruktur kita masih terbatas. tetapi itu kan sedang dibangun," ujarnya.

Tantangan nyata dunia pendidikan di Kalimantan Utara adalah narkoba. irianto mengatakan, anak-anak SMP dan SMA sudah dihantui peredaran narkoba.

Kalimantan Utara masuk 5 besar peredaran narkoba di Indonesia.

"Ancaman narkoba adalah yang paling berat. Itu harus diatasi bersama-sama. Seperti sambutan Mendikbud bahwa tanggungjawab pendidikan bukan hanya diserahkan kepada pemerintah. Tetapi semua komponen kebangsaan harus peduli dan ikut bertanggung jawab," katanya. (*)

Penulis: M uhammad Arfan Editor: Kholish Chered Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Pria Berseragam Polisi Pukul Wanita hingga Terkapar di Depan Anak Kecil Daerah Blora Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »