Kirim Berita Kaltara: Klik Disini | Konfirmasi Berita Kaltara: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bukan Sebatas Bantu Modal, PNM Klaim Bantu Pelaku UMKM ...

Posted by On 15.19

Bukan Sebatas Bantu Modal, PNM Klaim Bantu Pelaku UMKM ...

Bukan Sebatas Bantu Modal, PNM Klaim Bantu Pelaku UMKM Kembangkan Usahanya

pendampingan pelaku UMKM memang perlu dilakukan. Mengingat fasilitas permodalan yang digelontorkan merupakan anggaran pemerintah.

Bukan Sebatas Bantu Modal, PNM Klaim Bantu Pelaku UMKM Kembangkan UsahanyaTribun Kaltim/M ArfanPimpinan Cabang Kalimantan Utara PT PNM (Persero) Turmuzi berbicang dengan Kepala PLUT-KUMKM Bulungan, Rosnidar, Selasa (8/5/2018).

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tidak hanya sekadar memberikan fasilitas pembiayaan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), PT Permodalan Nasional Madani atau PNM (Persero) mengklaim ikut mendorong nasabahnya mengembangkan usahanya.

Pemimpin Cabang PT PNM (Persero) Kalimantan Utara Turmuzi mengemukakan, pendampingan pelaku UMKM memang perlu dilakukan. Mengingat fasilitas permodalan yang digelontorkan merupakan anggaran pemerintah.

"Kita BUMN. Dan arahan Bu Menteri Rini jelas, bahwa pelaku UMKM harus terus didampingi. Kekuatannya ekonomi ada pada pelaku UMKM," kata Turmuzi saat disua Tribun, Selasa (8/5/2018) di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM) Bulungan di komplek Pasar Induk Bulungan.

Baca: Jelang Pernikahan Sekar Rukmana, Ternyata Annisa Trihapsari Unggah Foto dan Caption Begini

Salah satu tantangan pelaku UMKM di Kalimantan Utara adalah pemasaran dan kemasan produk. Soal pemasaran, PNM mengarahkan pelaku UMKM memanfaatkan semua potensi media baik media sosial maupun media massa cetak dan elektronik.

"Hampir semua pelaku UMKM menerap kan cara ini. Mereka share produk di forum-forum jual beli di media sosial," katanya.

Namun kekurangannya, kata Turmuzi, jangkauan pasar masih lemah. Kebanyak jangkauannya hanya pada teman kenalan si pelaku UMKM.

"Jadi kami juga membantu pemasaran. Kita akan seleksi produk yang betul-betul bisa bersaing. Artinya dari kualitas, rasa, maupun kemasannya itu sudah lumayan baik," katanya.

Baca: Ada Tempat Penginapan Gratis untuk Peserta SBMPTN di Kampus UGM Yogyakarta

PNM memiliki unit usaha yang dinamakan Mitra Dagang Madani (MDM) di Jakarta. Produk-produk UMKM dari daerah dipasok ke MDM untuk dipasarkan tidak saja dalam negeri, juga ke pasar global dunia.

"Bu Menteri juga mengarahkan agar produk UMKM itu dipasarkan melalui MDM," katanya.

Baca: Hadiri Met Gala 2018, Madonna Kenakan Mahkota dan Kalung Buatan Desainer Indonesia

Di Kalimantan Utara lanjutnya, PT PNM (Persero) punya 1 00an nasabah yang terbagi masing-masing 60an di Tarakan dan 40an di Bulungan.

"Untuk peningkatan kapasitas pelaku UMKM kita juga sering berikan pelatihan mengemas dan memasarkan produk itu. Kita bekerjasama dengan PLUT-KUMKM," sebutnya.

Penulis: Muhammad Arfan Editor: Januar Alamijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Gadis Dibakar Pacar Hidup-hidup di Medan, Sempat Berlarian Minta Tolong dengan Tubuh Terbakar Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »