www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wiramatmaja Puja Gantikan Fajar Harry Sebagai Komisaris Utama ...

Posted by On 06.21

Wiramatmaja Puja Gantikan Fajar Harry Sebagai Komisaris Utama ...

  • Home
  • Berita
  • Energi

Energi

Wiramatmaja Puja Gantikan Fajar Harry Sebagai Komisaris Utama PGN Selain Wiratmaja Puja, RUPS memilih Hambra sebagai Komisaris dan Said Reza Pahlevi sebagai Direktur Keuangan. IGN Wiratmaja IGN Wiratmaja Kamis 26/4/2018, 19.43 WIB Anggita Rezki Amelia Wiramatmaja Puja Gantikan Fajar Harry Sebagai Komisaris Utama PGN Rig Untuk Mengebor Blok Mahakam Bertambah Kementerian ESDM dan BUMN Sejalan dengan Perubahan Pertamina

PT Perusahaan Gas Negara/PGN (Persero) merombak jajaran direksi dan komisaris menjelang pembentukan induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor minyak dan gas bumi (migas). Ini merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2018 yang digelar Kamis (26/4).

Dalam perombakan ini, ada tiga posisi yang terpental. "Ada dua komisaris yang diganti, dan ada satu direksi yang diganti," kata Direktur Utama PGN, Jobi Triananda Hasjim usai RUPS Tahunan PGN di Jakarta, Kamis (26/4).

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Salah satu pergantian itu untuk posisi Komisaris Utama. RUPS memutuskan untuk mengangkat I.G.N. Wiratmaja Puja sebagai Komisaris Utama menggantikan Fajar Harry Sampurno yang kini menjabat Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN.

Adapun, Wiratmaja kini Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM). Sebelumnya juga sempat menjadi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas).

Selain itu, RUPS menunjuk Hambra sebagai Komisaris menggantikan Nora Osloi S. Hambra adalah Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis.

Untuk posisi direksi, Nusantara Suyono harus rela melepas posisi Direktur Keuangan. Penggantinya adalah Said Reza Pahlevy, Said sebelumnya adalah Direktur Keuangan Patra Niaga.

Said juga merangkap posisi Direk tur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PGN. "Kami akan komunikasi dengan Kementerian BUMN. Sementara dirangkap dengan Direktur Keuangan seperti sebelumnya," kata Jobi.

Dengan begitu, berikut susunan Komisaris dan Direksi PGN yang baru, adalah sebagai berikut:

Dewan Direksi:

Direktur Utama: Jobi Triananda Hasjim
Direktur Keuangan: Said Reza Pahlevi
Direktur Infrastruktur dan Teknologi: Dilo Seno Widagdo
Direktur Komersial: Danny Praditya
Direktur SDM dan Umum: Desima Equalita Siahaan

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama: I.G.N Wiratmaja Puja
Komisaris: Mohamad Ikhsan
Komisaris: Hambra
Komisaris Independen: Kiswodarmawan
Komisaris Independen: Paiman Raharjo

Bagi-bagi Dividen

Sementara itu RUPS Tahunan tersebut juga memutuskan tentang pembagian dividen. Jobi mengatakan pihaknya membagikan 40% laba bersih tahun buku 2017 sebagai dividen untuk pemega ng saham.

Dengan laba bersih US$ 143 juta, dividen yang akan dibagikan mencapai Rp 766,27 miliar atau Rp 31,61 per lembar saham. Adapun sisanya akan dicatat sebagai saldo laba untuk mendukung kegiatan operasional dan pengembangan bisnis perusahaan.

Jika dibandingkan tahun lalu,pembagian dividen tahun 2017 lebih rendah. Tahun sebelumnya, pembagian dividen bisa mencapai Rp 1,82 triliun. Nilai dividen perusahaan pelat merah itu setara Rp 75,18 per saham atau 45 persen dari laba bersih 2016.

Sampai akhir tahun lalu, PGN menyalurkan 1.505 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) gas bumi. Seluruh gas tersebut dialirkan melalui jaringan infrastruktur pipa gas sepanjang 7.453 km, kepada 196.221 pelanggan dari berbagai segmen.

Perinciannya untuk industri manufaktur dan pembangkit listrik, komersial seperti hotel, restoran, rumah sakit, Usaha Kecil Menengah (UKM), serta rumah tangga yang tersebar. Pelanggan itu tersebar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Sela tan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.

Anak usaha PGN, PT Saka Energi Indonesia juga mencatat kinerja produksi sebesar 51.208 barel setara minyak per hari (BOEPD) pada tahun lalu. "Tahun ini, PGN akan tetap agresif mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi yang ramah lingkungan, dan lebih ekonomis bagi masyarakat," kata Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama.

(Baca: Laba Bersih PGN Turun ke Titik Terendah 5 Tahun Terakhir)

Rachmat mengatakan PGN terus menyelesaikan beberapa proyek infrastruktur demi menjangkau lebih banyak lagi ke pelanggan. Diantaranya proyek pipa gas transmisi Duri-Dumai sepanjang 67 km, termasuk pipa distribusi gas di Dumai sepanjang 56 km.

Ada juga pemasangan pipa distribusi di wilayah Gresik sepanjang 11 km. Selain itu, PGN juga sedang mengembangkan infrastruktur pipa transmisi gas bumi West Natuna Transmission System (WNTS) k e Pulau Pemping, Provinsi Kepulauan Riau.

Anggita Rezki Amelia Artikel Terkait Wiramatmaja Puja Gantikan Fajar Harry Sebagai Komisaris Utama PGN Selain Wiratmaja Puja, RUPS memilih Hambra sebagai Komisaris dan Said Reza Pahlevi sebagai Direktur Keuangan. Rig Untuk Mengebor Blok Mahakam Bertambah Rig Tasha akan mengebor 14 sumur lepas pantai di Blok Mahakam hingga April 2020. Kementerian ESDM dan BUMN Sejalan dengan Perubahan Pertamina Kementerian ESDM dan BUMN mendorong agar Pertamina menjaga pasokan BBM khususnya Premium.

Berita Terpopuler

Energi Rini Copot Elia Massa Manik dan Empat Direktur Pertamina Salah satu pertimbangannya adalah mempercepat proses holding dan adanya kelangkaan BBM. Energi Sofyan Basir Tolak Dicalonkan Jadi Direktu r Utama Pertamina Menurut Sofyan, lebih baik posisi Direktur Utama Pertamina diserahkan ke orang lain, daripada diriny ... Digital Pengemudi Ojek Online Unjuk Rasa, Tarif Go-Jek dan Grab Melonjak Polisi menyiapkan rute alternatif untuk menghindari kemacetan akibat demo pengemudi ojek online di d ... Nasional PKS dan Gerindra Tentukan Cawapres Prabowo Lewat Dua Opsi PKS masih bersikukuh cawapres berasal dari sembilan nama yang diusulkan ke Gerindra, tak akan memili ... Nasional Survei Kompas: Elektabilitas Jokowi Menanjak, Prabowo Makin Merosot Pada April 2018, kepuasan secara umum terhadap kinerja pemerintah Jokowi-JK mencapai 72,2%. Nasional Akhir Kisah Elia Massa Manik di Pertamina Ditetapkannya Nicke Widyawati sebagai pelaksana tugas Dirut Pertamina membuka bursa kandidat. Lima n ... Nasional Pratikno Menilai Absen Sidik Jari Sudah Ketinggalan Zaman Sistem absen sidik jari masih memungkinkan pegaw ai keluyuran di jam kerja. Bisnis Budi Waseso Disebut Bakal jadi Direktur Utama Bulog Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) petang tadi memanggil jajaran direksi Bulog, namun sang ... Energi Jonan Sindir Kementerian BUMN yang Sering Ganti Direksi BUMN "Kalau yang tugasnya suka mengganti-ganti direksi, memang harus dikasih kesempatan pertama untuk pid ...

Opini

Joy Wahjudi Joy Wahyudi

Registrasi Prabayar Mengubah Drastis Bisnis Telekomunikasi

Arif Rachmat Arif Rachmat

Agro Digital Itu Berat, Tapi Kesempatannya Besar

Iwan Setiawan Lukminto Iwan Setiawan Lukminto

Penerapan Teknologi Industri 4.0 Tak Perlu 100%

Fahmy Radhi Fahmy Radhi

Waspadai Potensi Tiga Penyimpangan Pembelian Saham Freeport

Theodore Permadi Rachmat TP Rahmat

Sektor Usaha Andalan Saat Ini Pertanian, Pariwisata, Kesehatan

Baca juga Jemaah Haji Nasional Badan Pengelola Akan Investasi kan Dana Haji untuk Hotel di Arab Saudi Agus Martowardojo Makro BI Tak Ragu Naikkan Bunga Acuan Jika Kurs Rupiah Bahayakan Stabilitas Pelabuhan ekspor Perdagangan Mendag Optimistis Target Pertumbuhan Ekspor 11% Tercapai Stand PGN Energi Dividen PGN Tahun 2017 Turun Infomark Data Science Infomark Data Science Weekend 2018 - Saatnya Melihat Masa Depan Industri Data! Kinerja Antam 2017 (2) Infomark Kinerja Antam 2017 Melesat Membangun Indonesia Sentris Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »