Kirim Berita Kaltara: Klik Disini | Konfirmasi Berita Kaltara: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Masih Ada Kapal Bertolak Tanpa Muatan, Hasil Alam Kaltara Belum ...

Posted by On 07.54

Masih Ada Kapal Bertolak Tanpa Muatan, Hasil Alam Kaltara Belum ...

Masih Ada Kapal Bertolak Tanpa Muatan, Hasil Alam Kaltara Belum Bernilai Tambah

Kapal-kapal yang bersandar di perairan Kalimantan Utara yang memasok berbagai komoditas dan peralatan ke daerah-daerah.

Masih Ada Kapal Bertolak Tanpa Muatan, Hasil Alam Kaltara Belum Bernilai TambahTRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDETimbul Sibarani, Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kalimantan Utara

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Menjadikan Provinsi Kalimantan Utara sebagai bagian pendukung program Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia masih perlu banyak racikan kebijakan dan implementasi di lapangan.

Kepala Bidang So sial Budaya Bappeda Kalimantan Utara Timbul Sibarani mengungkapkan, kaitan dengan potensi-potensi alam yang tersebar di lima daerah di Kalimantan Utara, belum bisa digali secara maksimal karena berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh pemprov maupun kabupaten/kota.

"Jika kita melihat potensi yang menjadi sumber-sumber pendapatan selama ini, itu datang dari sektor pertambangan, pertanian, perkebunan, dan transportasi. Tetapi sejauh ini, potensi-potensi itu belum tergarap maksimal karena keterbatasan kita," kata Timbul Sibarani dalam pertemuan dengan jajaran Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) di gubernuran, Selasa (10/4/2018).

Baca: TKI Parinah 18 Tahun Hilang Tanpa Kabar, Kini Ia Ditemukan di Inggris

Kapal-kapal yang bersandar di perairan Kalimantan Utara yang memasok berbagai komoditas dan peralatan ke daerah-daerah, masih ada yang belum bisa kembali pulang dengan muatan barang mentah dan barang jadi.

Sebab Kalimantan Utara han ya memproduksi barang mentah yang cenderung untuk digunakan dalam daerah, belum sampai pada produksi hilir.

Di satu sisi, Kalimantan juga mengekspor beberapa komoditas seperti rumput laut, udang, kepiting, batu bara, crude palm oil (CPO), dan lainnya.

Hanya saja, komoditas ekspor tersebut kembali lagi ke Kalimantan Utara setelah diolah secara hilir di negara lain.

Baca: Curhat Sandiaga saat Mobil Ibunya Diderek Dishub: Enggak Protes walau Anaknya Wagub!

Halaman selanjutnya 123
Penulis: Muhammad Arfan Editor: Trinilo Umardini Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Terungkap Profesi Wanita yang Mau Kabur dan Marah Setelah Tabrak Driver Ojol hingga Kakinya Putus Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »