www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Keterbatasan Bukan Penghalang, Berhasil Raih Sederet Berprestasi

Posted by On 00.16

Keterbatasan Bukan Penghalang, Berhasil Raih Sederet Berprestasi

  • PROKAL.co
    • PROKAL NEWS
    • PRO KALTIM
      • KALTIM POST
      • BALIKPAPAN POS
      • SAMARINDA POS
      • BONTANG POST
      • BERAU POST
    • PRO KALTARA
      • RADAR TARAKAN
      • BULUNGAN POST
      • KALTARA POS
    • PRO KALSEL
      • RADAR BANJARMASIN
    • PRO KALTENG
      • KALTENG POS
      • RADAR SAMPIT
    • PRO KALBAR
  • BalikpapanTV
  • SamarindaTV
  • KPFMBalikpapan
  • KPFMSamarinda
  • Indeks Berita
MANAGED BY: RABU
04 APRIL UTAMA | TANJUNG SELOR | PEMERINTAHAN | PARLEMENTARIA | KALTARA | EKONOMI | KOMBIS | OLAHRAGA

PEMERINTAHAN

Rabu, 04 April 2018 14:01 Keterbatasan Bukan Penghalang, Berhasil Raih Sederet Berprestasi OPINI: Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie kala menerima plakat penghargaan opini WTP atas LHP LKPD 2015 dari Ketua BPK Harry Azhar Azis.

PROKAL.CO, TANJUNG SELOR - Dengan kondisi serba terbatas, Kalimantan Utara (Kaltara) yang baru beruia 5 tahun telah mampu menunjukkan eksistensinya sebagai provinsi termuda yang kreatif dan inovatif dan juga memiliki semangat dan kerja keras.

Ini dibuktikan dengan tuaian deretan prestasi yang diperoleh provinsi ke-34 ini dari berbagai lembaga. Dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan, misalnya. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di lingkup Pemprov Kaltara terus mengalami peningkatan. Teranyar, untuk hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah 2017, Kaltara memperoleh predikat B atau kategori baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sebelumnya, Kaltara dalam penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKI P) di 2015 memperoleh predikat D, dan di 2016 memperoleh CC. “Di usianya yang masih muda, dengan keterbatasan fasilitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM), kita mampu menunjukkan kinerja yang baik, dan sejajar dengan Pemprov lain. Ini patut kita syukuri bersama. Dalam arti bersyukur, dengan berupaya bekerja lebih baik lagi,” kata Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, Selasa (3/4).

Oleh karena itu, Gubernur meminta agar predikat ini terus ditingkatkan. Dengan harapan ke depan bisa mendapatkan penilaian lebih baik lagi. Bahkan hingga predikat terbaik, yaitu A. Selain itu, Gubernur mengajak semua ASN di lingkup Pemprov Kaltara untuk bergerak cepat dengan cerdas terencana dan terstruktur.

Begitupun dalam hal pengelolaan keuangan. Provinsi di bawah komando Gubernur Dr H Irianto Lambrie dan Wakil Gubernur H Udin Hianggio ini memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tiga tahun be rturut, mulai 2014 hingga 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Atas raihan itu, Kaltara juga mencatatkan namanya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai daerah otonomi baru (DOB) pertama yang meraih opini WTP dan berhasil mempertahankan opini tersebut 3 kali berturut-turut. “Semua keterbatasan itu, bukan halangan untuk berbuat yang lebih baik. Rasa pesimis diubah menjadi optimis dengan keyakinan dan percaya diri, lewat semangat pengabdian yang ikhlas diiringi doa dan ikhtiar,” kata Gubernur.

Provinsi yang akan genap berusia 5 tahun di 22 April nanti tersebut, juga membuktikan diri mampu bersaing dan beradaptasi dalam era teknologi informasi dan revolusi industri saat ini. Pengkaderan sumber daya manusia aparatur yang andal pun menjadi prioritas. Alhasil, Kaltara diganjar

predikat sebagai daerah yang mampu menyelenggarakan penerimaan CPNS terbaik tingkat nasional. Kaltara juga mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara Ujian Nasional (UN) berintegritas dan Government Award yang belum lama diraih.

“Pencapaian ini harus kita jaga, kita pelihara agar menjadi pondasi yang kuat untuk meloncat lebih jauh ke depan,” kata Gubernur.

Pada aspek pengembangan wilayah dan pembangunan infrastruktur, berkat perjuangan intensif dan tak kenal lelah, akselerasi pembangunan dan pengembangan wilayah di Kaltara yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara menerima pengakuan secara nasional. Yang paling monumental, adalah dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dengan Perpres itu, rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sebatik di Kabupaten Nunukan dan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kabupaten Bulungan masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Ini bukti bahwa negara hadir hingga ke perbatasan. Juga bukti dukungan serta buah hasil kerja keras untuk membangun Kaltara lewat percepatan pembangunan infrastruktur yang nantinya akan menunjang percepatan realisasi investasi yang tengah digencarkan,” jelas Irianto.

Di usia ke-5 tahun nanti, Kaltara juga bakal menerima apresiasi atas keberhasilannya memenuhi 10 persyaratan utama untuk menjadi daerah otonomi penuh dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Dari 10 syarat, secara garis besar Kaltara sudah memenuhi seluruhnya. Hanya tinggal penyempurnaan pada penetapan batas wilayah, yang tinggal beberapa persen lagi. Tapi, saya yakin persoalan ini akan segera terselesaikan dan Kaltara dapat benar-benar menjadi daerah otonomi penuh. Untuk itu, butuh dukungan masyarakat dan seluruh elemen yang ada di Kaltara,” beber Gubernur.

Jika tak ada aral, predikat daerah otonomi penuh itu akan diterima Kaltara pada puncak perayaan HUT ke-5 Kaltara pada 23 April nanti yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.(humas)

DERETAN PRESTASI PROVINSI KALTARA

  1. Penghargaan sebagai Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Peduli Pramuka oleh Kwartir Nasional yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo saat pembukaan Jambore Nasional X dan Peringatan Hari Pramuka ke 55. (Bulan Agustus 2016).
  2. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) mendapat penilaian predikat B (baik), untuk Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah 2017. (2017)
  3. Diterbitkannya, Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 58 Tahun 2017, tentang Perubahan Atas Perpres RI Nomor 3 Tahun 2016, tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional untuk Kawasan Industri Tanah Kuning di Tanjung Palas Timur, Bulungan, dan rencana pembangunan bandara di Sebatik, Kabupaten Nunukan.(2017)
  4. Penghargaan sebagai inisiator Provinsi Kaltara menuju Provinsi Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (September 2017)
  5. Mendapatkan Kategori BAIK dalam mencapai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI (Desember 2017).
  6. Keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2016 dengan Capaian Standar Tertinggi dari Kementerian Keuangan RI.
  7. Piagam Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia selaku Badan Nasional Pengelola Perbatasan atas Partisipasinya Sebagai Peserta Dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Perbatasan Negara RI Tahun 2017. (Bulan Januari 2017).
  8. Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Kaltara sebagai peserta Sosialisasi PP No 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah yang dianggap sebagai kepala daerah yang dinilai patuh salah satunya dengan selalu menghadiri undangan dari pemerintah pusat. (Bulan Agustus 2016)
  9. Penghargaan, Apresiasi, Kebersamaan dan Terima Kasih atas Kinerja Sebagai Kepala Daerah Pilihan Rakyat yang denga n Optimal Mengemban Amanah Masyarakat dan atas Kerjasamanya Membangun Tata Kelola Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang Harus Semakin Efektif, Efisien, Mempercepat Reformasi Birokrasi dan Memperkuat Otonomi Daerah Khususnya Selama 2 Tahun Pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla, Oktober 2014 s.d Oktober 2016 dari Kementerian Dalam Negeri Kepada Irianto Lambrie. (Bulan November 2016)
  10. Piagam Penghargaan Inagara (Inovasi Administrasi Negara) dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Utara sebagai Gubernur Pendukung Inovasi di Provinsi Kalimantan Utara tahun 2016. (Bulan Oktober 2016)
  11. Penghargaan dari RISTEKDIKTI (Koordinator Kopertis Wilayah XI) kepada Gubernur Kalimantan Utara atas jasa-jasa dalam memberikan perhatian dan dukungan kepada Perguruan Tinggi Swasta di kalimantan Utara. (Bulan Agustus 2016)
  12. Penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJ S) kepada Gubernur Kalimantan Utara karena Telah Menjamin Rakyatnya Sehat Dan Sejahtera Melalui Integrasi Jamkesda Dalam Program JKN-KIS. (Bulan November 2016)
  13. Piagam Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Gubernur Kalimantan Utara yang terpilih sebagai NOMINATOR Seleksi Tahap Kedua NIRWASITA Tantra Award 2016.
  14. Penghargaan, Apresiasi, Kebersamaan dan Terima Kasih atas Kinerja Sebagai Wakil Kepala Daerah Pilihan Rakyat yang dengan Optimal Mengemban Amanah Masyarakat dan atas Kerjasamanya Membangun Tata Kelola Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang Harus Semakin Efektif, Efisien, Mempercepat Reformasi Birokrasi dan Memperkuat Otonomi Daerah Khususnya Selama 2 Tahun Pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla, Oktober 2014 s.d Oktober 2016 dari Kementerian Dalam Negeri Kepada Irianto Lambrie. (Bulan November 2016)
  15. Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial d engan Kategori: Simpul Jaringan Berkembang Provinsi Kalimantan Utara dari Badan Informasi Geospasial dalam Bhumandala Award 2016.
  16. Prestasi yang diperoleh salah satu putri daerah, pelajar kelas IX SMPN I Sebatik Utara, Ella Maharani yang memenangkan lomba Live Report dalam Jambore Sanitasi Nasional 2016 di Jakarta yang diselenggarakan Kementerian PU. (Bulan Agustus 2016)
  17. Khafilah Kaltara meraih peringkat 5 dan 6 dalam Kaligrafi Kontemporer, Hafizah 30 Jus dan 1 jus pada penampilan perdana Kaltara di MTQ ke-26 tingkat Nasional.
  18. Peringkat Terbaik Pertama dengan perolehan 35 medali pada Jumpa Bhakti dan Gembira (Jumbara) Nasional PMR VIII 2016 yang diraih oleh Kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). (Bulan Juli 2016)
  19. Penghargaan dari BKN AWARD kepada Provinsi Kalimantan Utara dalam melaksanakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014 karena merupakan proses terbaik seluruh Indonesia melalui metode Computer Assist ed Test (CAT) sehingga Cepat, Akuntabel dan Transparan serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam rangka mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang profesional dan bermartabat. (Bulan Januari 2015)
  20. Penghargaan sebagai DOB Pertama yang meraih (Wajar Tanpa Pengecualian) WTP dari BPK TA 2014, sehingga tercatat dalam MURI.
  21. Penghargaan kepada Kalimantan Utara sebagai penyelenggara UN TERJUJUR ke 3 tahun se-Indonesia, Tahun Ajaran 2015.
  22. Penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara atas Keberhasilannya Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2015 Dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.
  23. Penghargaan dari National Procurement Award 2016 oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) kepada LPSE Provinsi Kalimantan Utara pada kategori The Rookie (LPSE pendatang baru yang memiliki progress dalam 2 tahun terakhir). (Bulan November 2016).
  24. < li>Penghargaan dari Low Carbon Economic Forestry Development Sebagai Stand Terbaik III tingkat Provinsi pada Indo Green Forestry Expo 2014. (Bulan April 2014).
  25. Penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Atas Keberhasilannya Menyusun Dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2014 Dengan Capaian Standar Tertinggi Dalam Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.
BERITA TERKAIT
  • Kemenkeu Sosialisasikan Dana Transf er Daerah
  • Peran Kehumasan Semakin Strategis
  • Gubernur Tinjau SMKN 1 Tanjung Selor
  • Siapkan Generasi Berjiwa Wirausaha
  • Kaltara Semakin Diminati Dunia Investasi
  • Pertumbuhan Ekonomi Tunjukan Trend Positif
  • Kepala OPD Diinstruksikan Tularkan Nilai Dasar Budaya Kerja
  • Arief Tak Beri Kepastian Penyerahan Tiga UPTD
  • Ingin Dibuka Banyak Lapangan Kerja
  • Dari Nol Rupiah Menuju Kaltara Terdepan

BACA JUGA

Senin, 02 April 2018 13:23

APBD Terus Meningkat Setiap Tahun

TANJUNG SELOR â€" Roda pemerintahan dan pembangunan di Kalimantan Utara (Kaltara) dimulai pada 22… Senin, 02 April 2018 13:20

Pengrajin Diminta Tingkatkan Kualitas dan Motif Kedaerahan

JAKARTA â€" Produk kerajinan secara historis sangat dekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia.… Jumat, 30 Maret 2018 14:45

Di Kaltara Bakal Ada Kemah Bela Negara, APA ITU..??

JAKARTA - Didampingi Ketua Kwartir Nasional (Kawarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan jajaran pengurus,… Jumat, 30 Maret 2018 14:43

SiforDadu untuk Ketersediaan Informasi

TANJUNG SELOR â€" Asisten III Setprov Kaltara H Zainuddin HZ didampingi Kepala Biro Hubungan Masyarakat… Jumat, 30 Maret 2018 14:41

LAN RI Gelar Seleksi Calon Reform Leader

TANJUNG SELOR â€" Pemprov Kaltara melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) bekerja… Jumat, 30 Maret 2018 14:40

Wagub Sampaikan LKPD 2017 ke BPK Kaltara

TARAKAN â€" Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur (Wagub)… Jumat, 30 M aret 2018 14:39

Kaltara Akan Tambah Penyertaan Modal

BALIKPAPAN â€" Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, Pemprov Kaltara akan… Jumat, 30 Maret 2018 14:35

Polres Kerahkan 406 Personel

TANJUNG SELOR â€" Jelang perayaan Paskah, Polres Bulungan mengerahkan 406 personel untuk pengamanan… Jumat, 30 Maret 2018 14:20

Panglima Segera Bentuk Korem Kaltara

TARAKAN - Kunjungan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Djahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian… Kamis, 29 Maret 2018 13:31

Penanganan ABH Perlu Kerja Sama

TARAKAN â€" Anak wajib dilindungi dan ditingkatkan harkat dan martabatnya. Demikian disampaikan… Panglima Segera Bentuk Korem Kaltar a Polres Kerahkan 406 Personel Kaltara Akan Tambah Penyertaan Modal Di Kaltara Bakal Ada Kemah Bela Negara, APA ITU..?? Pengrajin Diminta Tingkatkan Kualitas dan Motif Kedaerahan SiforDadu untuk Ketersediaan Informasi Pertumbuhan Ekonomi Tunjukan Trend Positif Soliditas TNI dan Polri Kunci Jaga Perbatasan Harus Sinergi Berantas Pungli LAN RI Gelar Seleksi Calon Reform Leader
  • Keterbatasan Bukan Penghalang, Berhasil Raih Sederet Berprestasi
  • Kemenkeu Sosialisasikan Dana Transfer Daerah
  • Peran Kehumasan Semakin Strategis
  • Tegaskan Tak Tebang Pilih
  • Fokus Penan ggulangan Banjir dan Air Bersih
  • Lima Mobil Tak Laku
  • Tarif Jargas Dinilai Kemahalan, Dewan Minta Ditinjau Ulang
  • Pelajar SMPN Terbawa Arus
  • Prihatin Pelajar SDN 030 Melantai
  • TNI Tambah Kekuatan di Perbatasan
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
  • KALIMANTAN TIMUR
  • KALIMANTAN TENGAH
  • KALIMANTAN SELATAN
  • KALIMANTAN UTARA
  • KALIMANTAN BARAT
  • TENTANG KAMI
  • KEBIJAKAN PRIVASI
  • DISCLAIMER
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
Find Us
Copyright &copy 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »