Kirim Berita Kaltara: Klik Disini | Konfirmasi Berita Kaltara: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Hari Ini Kalimantan Utara Berusia 5 Tahun, Ini Landasan ...

Posted by On 19.52

Hari Ini Kalimantan Utara Berusia 5 Tahun, Ini Landasan ...

HUT Kaltara

Hari Ini Kalimantan Utara Berusia 5 Tahun, Ini Landasan Pembentukan Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi ini merupakan satu-satunya provinsi yang diresmikan pada 22 April 2012 lalu bersamaan 10 kabupaten/kota lainnya waktu itu.

Hari Ini Kalimantan Utara Berusia 5 Tahun, Ini Landasan Pembentukan Provinsi Termuda di IndonesiaTRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFANSuasana menjelang Paripurna Istimewa di Kantor DPRD Kaltara dalam memperingati HUT ke-5 Kalimantan Utara, Minggu (22/4/2018).

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tepat 22 April 2018 hari ini, Kalimantan Utara berusia 5 tahun.

Provinsi ini merupakan satu-satunya provinsi yang diresmikan pada 22 April 2012 lalu bersamaan 10 kabupaten/kota lainnya waktu itu.

Puncak peringatan akan dilaksanakan esok, Senin (23/4/2018) dengan upacara penaikan bendera di Lapangan Agatis, Tanjung Selor.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bakal jadi inspektur upacara itu.

Hari ini (22/4/2018), akan dilangsungkan Rapat Paripurna Istimewa di Kantor DPRD Kalimantan Utara, Jalan Agatis Tanjung Selor.

Baca: Waspadai Minuman Anak Berkafein, Cermati Ya Mom. . .

Berdasarkan konsideran Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012, Provinsi Kalimantan Utara dibentuk menimbang empat hal.

Pertama, untuk mendorong kemajuan perkembangan dan kemajuan di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung, serta adanya aspirasi yang berkembang dalam masyarakat di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar, dipandang perlu meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat;

Baca: Cium Botol Berisi Janggut Rasulullah SAW, Begini Perasaan Anies Baswedan

Kedua, bahwa sehubungan dengan hal tersebut di atas dan memperhatikan kondisi wilayah yang secara geografis berbatasan dengan negara lain baik di darat maupun di laut, dengan kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, politik, jumlah penduduk, luas daerah dan pertimbangan lainnya di Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung serta meningkatnya beban tugas dan volume kerja di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Provinsi Kalimantan Timur, perlu dibentuk Provinsi Kalimantan Utara.

Ketiga, bahwa pembentukan Provinsi Kalimantan Utara dapat mendorong peningkatan pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, serta dapat m emberikan kemampuan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk menyelenggarakan otonomi daerah;

Baca: Pacaran dengan Pria Lebih Muda? Kenapa Nggak, Ini Loh Keuntungannya

Keempat, bahwa berdasarkan tiga pertimbangan tesebut maka perlu membentuk Undang-Undang tentang Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara.

Provinsi Kalimantan Utara sebelah utara berbatasan dengan Negara Bagian Sabah Malaysia; sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi; sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur; dan sebelah barat berbatasan dengan Negara Bagian Sarawak Malaysia. (*)

Penulis: Muhammad Arfan Editor: Trinilo Umardini Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Video Seorang Pria Hancurkan Rumah Makan Mantan Istrinya: Karmakan Dia Ya Allah Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »