Kirim Berita Kaltara: Klik Disini | Konfirmasi Berita Kaltara: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Anak Usaha J Resources Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan

Posted by On 10.42

Anak Usaha J Resources Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan

Anak Usaha J Resources Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan

Anak Usaha PT J Resources Asia Pasifik,Tbk (PSAB) ini meraih Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) dari Pemerintah Propinsi Kaltara.

Anak Usaha J Resources Raih Penghargaan Nihil KecelakaanTRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFANGubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Satu lagi penghargaan diraih perusahaan tambang emas PT Sago Prima Pratama (SPP) di bidang keselamatan kerja.

Anak Usaha PT J Resources Asia Pasifik,Tbk (PSAB) ini meraih Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) dari Pemerintah Propinsi Kalimantan Utara.

Per usahaan tambang emas yang beroperasi di Seruyung, Kabupaten Nunukan ini dinilai berhasil melaksanakan program Keselamatan Kerja dengan baik sehingga selama 7.369.160 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja. Jangka waktu ini dihitung sejak 1 Januari 2015 sampai 31 Desember 2017.
Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie di Gedung Darma Wanita, Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara. Penghargaan ini juga diberikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-5 Provinsi Kalimantan Utara.

“Penghargaan ini adalah “nilai” dari apa yang telah dilakukan selama ini. Ini juga memastikan perusahaan telah menerapkan standar K3 yang baik dalam perilaku maupun lingkungan kerja. Sehingga telah tercipta suasana dan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi semua karyawan,” kata Kepala Teknik Tambang PT Sago Prima Pratama, Arissandi, dalam keterangan tertulis, Jumat (27/4/2018).

Baca: Mengapa Warga Nekat Mengebor Minyak Secara Tradis ional Tanpa Peralatan Pengamanan?

Arissandi menjelaskan hal yang dilakukan selama ini untuk menghindari kecelakaan kerja adalah saling mengingatkan satu sama lain akan setiap potensi bahaya tanpa melihat kedudukan seseorang.

“Karena kecelakaan tidak mengenal jabatan, jenis kelamin ataupun usia. Karyawan diminta untuk memastikan 4 hal ini sebelum bekerja yakni adakah kondisi berbahaya di sekitar mulai dari rekan kerja, peralatan, kondisi lingkungan. Jika ada segera diatasi atau dilaporkan,” terang Arissandi.

Arissandi terus memastikan kondisi kerja yang aman dan nyaman serta lingkungan yang terjaga. Karena kedua hal ini akan berpengaruh pada produktivitas kerja.

“Memang perlu biaya tambahan tetapi itu tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi kecelakaan atau kerusakan lingkungan," jelasnya.

Ini dilakukan diantaranya dengan terus melakukan sosialisasi prosedur, meningkatkan partisipasi aktif karyawan dalam m engontrol perilaku dan lingkungan dengan tools yang sudah disiapkan.

Baca: Penyakit Diabetesnya Kambuh, Kedua Mata Zumi Zola Sulit Melihat

“Dengan demikian pada akhirnya muncul kesadaran bahwa K3 itu menjadi kebutuhan sehingga harus dijadikan budaya kerja,” tandasnya.

Untuk diketahui, PT Sago Prima Pratama telah mengantongi OHSAS 18001:2007 dari SGS Indonesia untuk standar internasional penerapan Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja dan juga termasuk salah satu perusahaan tambang pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang konsisten menerapkan standar keselamatan.

Penulis: Sanusi Editor: Dewi Agustina Ikuti kami di Anaknya Viral dan Ditangkap Polisi karena Curi Uang di ATM, Sang Ibu Buat Pengakuan Mengejutkan Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »