www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

5 Pelajar Terbaik Menjadi Delegasi Provinsi Kalimantan Utara Pada ...

Posted by On 18.55

5 Pelajar Terbaik Menjadi Delegasi Provinsi Kalimantan Utara Pada ...

MEDIAHARAPAN.COM

2 April 2018,Kalimantan Utara. Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) akan Kembali menggelar Forum Pelajar Indonesia Ke-10 (FOR X) dengan mengangkat tema “Kerja Bersama”. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 8 -11 Agustus 2018 dengan beberapa pembicara yang meliputi Presiden RI Bapak Joko widodo, Ketua MPR-RI Bapak Zulkifli Hasan, Mendikbud RI Bapak Muhadjir Effendy dan pembicara-pembicara lainnya

Untuk pelajar yang berasal dari Provinsi termuda, Kalimantan Utara terpilih 5 pelajar terbaik yang dinyatakan lolos setelah mengikuti beberapa rangkaian tahapan seleksi nasional secara online. Ke-5 pelajar terbaik ini adalah A. Widhya Sulastri (SMAN 1 Sebatik Tengah), Kris Adi Nugraha (SMAN 1 Tara kan), Rizky Hadi Purnomo (SMAN 1 Tarakan), Azizah Nisa Azzahrah (SMAN 1 Tarakan) dan Inna Anjalina (SMAN 1 Tarakan).

Untuk diketahui bersama, Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan pelajar-pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum ini membuka Ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter Kepemimpinan dan Integritas pelajar Indonesia.

Forum ini membuka kesempatan bagi pelajar untuk bertemu dengan para pemegang kebijakan dari berbagai pihak untuk menyampaikan usulan kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia. Outcome-nya adalah pelajar Memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta Promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing. Program yang diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) berkolaborasi
dengan pemerintah, private sector, berbagai o rganisasi masyarakat sipil dan media.

Menurut pengakuan salah satu delegasi terpilih Kalimantan Utara, adik A. Widhya Sulastri yang merupakan satu-satunya pelajar dari Wilayah Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan mengatakan proses penyeleksian yang dia lalui sangat susah, banyak tahapan yang harus ditempuh untuk bisa lolos. Ungkapnya saat dikonfirmasi

“Tahapan seleksi forum pelajar Indonesia ini sangatlah susah. Seluruh sekolah yang berada di indonesia bersaing untuk lolos dalam seleksi forum pelajar indonesia. Kita di tuntut untuk membuat essay yang bertemakan “kerja bersama”, motivasi dalam mengikuti kegiatan forum pelajar indonesia, menceritakan tentang diri kita dan membuat video yang bertemakan “kerja bersama” dan “terima kasih indonesia” video ini berdurasi 1 menit dan di unggah melalui youtube dan instagram. Setelah semua telah di nyatakan selesai maka link video tadi di masukan di dalam formulir pendaftaran” Ujar Whidya sapaan akrabnya.

Dari tota l 1111 Peserta yang terdaftar, berkas yang lolos sebanyak 1014, dan yang dinyatakan lolos dan berhak untuk mengikuti FOR X berjumlah 304 orang pelajar seluruh Indonesia. 5 diantaranya delegasi dari Provinsi Kalimantan Utara.

Hingga saat ini guru-guru sudah ada yang mengetahui jika saya lolos seleksi forum pelajar indonesia. Dan guru-guru sangat mendukung saya. Tambah Whidya siswi yang saat ini duduk di bangku kelas XI Jurusan IPA 1.

“Buatlah dan ukirlah prestasimu walaupun kita berada jauh dengan sekolah-sekolah yang berada di kota. Tidak perlu malu dengan sekolah kita yang terbatas ini. Walaupun sekolah kita terbatas akan tetapi prestasi kita tidak terbatas.” ujar salah satu guru.

“Kegiatan ini sangatlah membantu pelajar indonesia untuk menyampaikan keluhan yang berada di daerahnya masing-masing. Apalagi mendegar tema-nya yaitu Kerja Bersama. Kemudian program kegiatan yang di adakan isyf ini membantu siswa dalam pembentukan karakter bangsa”. Tambah kepala sekolah ujarnya

Tanggapan guru-guru tentang kegiatan ini sangatlah membuat hati saya tambah bersemangat dan menggebu-gebu untuk mengharumkan nama sekolah SMAN 1 Sebatik Tengah. Ungkap Widya

Setelah Mengetahui bahwa namanya lolos dalam kegiatan Forum Pelajar Indonesia Widya bersama 4 teman lainnya saat ini sedang menyiapkan persiapan menjelang kegiatan. Diantaranya pengumpulan Koin Pelajar Indonesia, Persiapan Performance sebagai ajang promosi daerah, dan menyiapkan mading digital yang akan mengekspos sumber daya alam yang ada di kalimantan Utara untuk ditampilkan pada saat kegiatan berlangsung.

“Persiapan saya dalam mengikuti forum pelajar indonesia ini sudah terbilang 25%. Banyak persyaratan yang harus dilengkapi oleh peserta salah satunya yaitu mengumpulkan koin pelajar. Gerakan 1 Juta Koin Pelajar merupakan gerakan kepedulian dari Indonesia Student & Youth Forum (ISYF). Gerakan ini merupakan gerakan pengumpulan Koin Rupiah dalam berbagai pecahan. Besaran 1 Koin dimaknai sama dengan (=) Rp. 1.000, dengan demikian 1 juta koin sama dengan Rp. 1.000.000.000 (satu milyar rupiah).

Gerakan 1 Juta Koin pelajar bertujuan untuk membantu para pelajar yang mengalami kesulitan dalam sarana dan prasarana pendidikan, khusunya di daerah terpencil, pulau terluar dan daerah tertinggal. Saat ini pihak penyelenggara sudah menemukan lokasi yang menjadi target dari tujuan gerakan ini yaitu Sarana dan prasana pendidikan (sekolah), baik bangunan, buku dan fasilitas lainnya di provinsi Papua Barat, tepatnya di daerah Sausapor yang hanya memiliki satu bangunan sekolah untuk tingkat sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas yang berada dalam satu bangunan.” Terang Whidya

“Saya sangat berharap dukungan datang juga dari pemerintah provinsi, mengingat kami hadir di Forum Pelajar Indonesia ini bukan hanya membawa nama baik sekolah, tetapi nama Provinsi Kalimantan Utara yang kami cintai” ungkap Whidya mengakhiri pembicaraanya. (Yanto)

< h3>Comments

comments

Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »