www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Stop Gunakan Merkuri, DLH Sarankan Menambang Pakai Sianida

Posted by On 03.04

Stop Gunakan Merkuri, DLH Sarankan Menambang Pakai Sianida

Stop Gunakan Merkuri, DLH Sarankan Menambang Pakai Sianida

Senyawa sianida lebih mudah dikendalikan bahkan bisa mudah terurai jika didiamkan lama

Stop Gunakan Merkuri, DLH Sarankan Menambang Pakai SianidaTribun Kaltim/wilKapolres Bulungan AKBP Muhammad Fachry mengangkat barang bukti merkuri dalam konferensi pers di Mapolres Bulungan, Rabu (22/11/2017.

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Karena tergolong logam berat yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, pemerintah memberlakukan pelarangan pemakaian merkuri pada semua kegiatan pertambangan utamanya pertambangan rakyat.

Dinas Lingkunga n Hidup Kalimantan Utara juga meminta perusahaan maupun masyarakat yang selama ini menggunakan agar menyetopnya.

Sebab belum lama ini, Polres Bulungan menyita barang bukti 5 kilogram merkuri dari salah seorang penambang emas di Bulungan.

“Jangankan penggunaannya, produksi merkuri pun sekarang sudah dilarang pemerintah. Indonesia termasuk pengekspor merkuri terbesar di dunia. Merkuri itu berasal dari Ambon. Di Ambon itu sudah dilarang berproduksi,” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Utara, Nurhamdi, saat disua Tribun, Rabu (6/12/2017).

Ada alternatif lain yang direkomendasikan pemerintah pengganti merkuri.

Zat kimia tersebut ialah sianida.

Nurhamdi mengatakan, senyawa sianida lebih mudah dikendalikan bahkan bisa mudah terurai jika didiamkan lama.

Baca: Uji Toksikologi Ungkap Penjahat Perang Bosnia Tewas Akibat Tenggak Sianida

“Sianida sifat racunnya bisa hilang. Dia bisa terurai. Kalau merkuri, tid ak. Dia di dalam air, tanah, dan udara, tidak bisa terurai,” sebutnya.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Eko Sutriyanto Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Janda Kaya Raya Mengaku Bangga Sudah Ditiduri 100 Pria Beristri, Begini Alasannya Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »