Dari Sumatera Hingga Pulau Jawa

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Dari Sumatera Hingga Pulau Jawa

Berita 24 Indonesia
Senin, 11 Desember 2017
Dari Sumatera Hingga Pulau Jawa

Dari Sumatera Hingga Pulau Jawa

HINGGA berakhir masa pendaftaran, sudah ada enam propinsi berhasrat menjadi tuan rumah PON

Dari Sumatera Hingga Pulau JawaKETUA Umum KONI Kalimantan Barat, Fachruddin Siregar menyerahkan surat dukungan untuk Aceh-Sumut di Pontianak, Jumat (24/11).

HINGGA berakhir masa pendaftaran, sudah ada enam propinsi berhasrat menjadi tuan rumah PON. Adalah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Bali, serta Nusa Tenggara Barat (NTB). Aceh-Sumut mendaftar sebagai tuan rumah bersama.

Menyadari begitu ketatnya persaingan untuk tampil sebagai pemenang, KONI Aceh- Sumut langsung bergerak. Muzakir Manaf-Jhon Ismadi Lubis membentuk dua tim untuk melaku kan lobi ke sejumlah propinsi. Ialah guna memperoleh dukungan supaya mereka mau memilih Aceh-Sumut saat bidding PON nanti.

Selama dua hari, 18-19 November2019 di Hotel Polonia Medan, para pengurus KONI di Pulau Sumatera diundang ke sana. Akhirnya seusai mendengar pemaparan Aceh-Sumut, delegasi Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, serta Lampung memberikan dukungan secara tertulis.

Di hadapan peserta rakor, John meyakinkan bahwa Aceh dan Sumut siap menjadi tuan rumah PON yang hebat. Saat ini saja, kata dia, Sumut sudah memiliki 35 venue dan Aceh ada 20 venue yang bisa digunakanuntuk even olahraga akbar ersebut. “Kalau digabung sudah ada 55 venue. Dalam enam tahun ke depan, fasilitas ini akan bertambah menjadi lebih baik. Kalau hotel jangandiragukan, sekarang ini saja kita sudah siap,” jelas John.

Sementara Muzakir Manaf mengapresiasi kekompakan Sumatera yang menyatukan dukungan untuk Aceh dan Sumut. “Kami ingin tunjukkan bahwa Aceh sekarang sudah aman dannyaman untuk disinggahi. PON salah satu cara untuk membuktikan hal itu,” kata Muzakir.

Selanjutnya, tim Aceh-Sumut langsung mendekati KONIyang berada di Pulau Jawa. Kali ini, tim pertama dipimpin Muzakir Manaf, sedang tim kedua dipimpin H Kamaruddin Abu Bakar. Hasilnya, sangat luarbiasa. Ya, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur langsung memberikan dukungan tertulis. “Alhamdulillah, setiap propinsiyang kita jalin komunikasi, mereka langsung memberikan dukungan kepada kita. Tentu saja, ini menjadi modal utama kita menyongsong bidding PON nanti,” kata Ketua Harian KONI Aceh, H Kamaruddin Abubakar setelah diterima KONI Jawa Timur di Kota Surabaya, Senin (27/11).

Dukungan tertulis juga datangdari KONI Kalimantan Barat.Seakan belum cukup, Papua secara khusus mengutus Ketua DPRD, Yunus Wonda yang juga Ketua Harian PB PON XX/2020 hadir di rakor Medan untuk menyampaikan sikap.“Secara historis Papua itu dekat deng an Aceh. Begitu kami dengar Aceh berminat menjadi tuan rumah, Papua harus mendukungnya,”tegas Yunus. Nah, dengan semakin meluasnya dukungan dari Pulau Sumatera,Jawa, Kalimantan, dan Papua, ini semakin membuktikan kalau Aceh-Sumut memang serius untuk tampil sebagai tuan rumah PON 2024. Karenaitu, terus berjuang dan bekerja demi cita-cita tinggi itu.(*)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Kaltara